Kumpulan Kata Bijak Sutan Syahrir

Kumpulan Kata Bijak Sutan Syahrir -Sutan Syahrir adalah tokoh pahlawan nasional yang dikenal sebagai pengetik naskah proklamasi. Bersama dengan Bung Karno dan pahlawan nasional lainnya, beliau mampu mewujudkan cita-cita bangsa untuk merdeka. Perannya sebagai pemuda dulu sangatlah kental dengan semangat nasional dan patriotisme. Untuk anda yang mungkin tengah haus akan petuah, berikut ialah kata bijak Sutan Syahrir yang perlu kamu ketahui, 

Kumpulan Kata Bijak Sutan Syahrir Yang Harus Kamu Tahu 

1. “Hidup yang tak diperjuangkan tak dapat dimenangkan” 

Salah satu kata bijak Sutan Syahrir yang membekas dalam benak rakyat ialah tentang kehidupan yang tidak pernah diperjuangkan. Kata motivasi di atas dapat menjadi acuan kita untuk terus berjuang dengan keras dalam hidup apabila ingin menggapai sebuah tujuan. Apabila kita sendiri tidak pernah ingin menghadapi masalah yang pelik dalam mencapai sebuah tujuan, maka bisa dipastikan kita akan gagal. Keputusan untuk meraih tujuan dan impian dalam hidup haruslah berkali-kali terjatuh. 

2. “Kemerdekaan nasional adalah bukan pencapaian akhir, tapi rakyat bebas berkarya adalah pencapaian puncaknya” 

Beliau menegaskan bahwa kemerdekaan bukanlah akhir cerita dari berdaulat, namun merupakan awal untuk mencapai impian-impian bangsa. Dalam kata bijak Sutan Syahrir di atas, kita bisa mengambil kesimpulan. Bangsa dikatakan bebas ketika rakyatnya bisa berkarya dengan bebas. Sebuah bangsa yang merdeka adalah bangsa yang memberikan hak secara penuh untuk semua rakyatnya untuk berekspresi dan berkarya. Maka dari itulah, sebagai rakyat bangsa merdeka, kita perlu mengapresiasi dan menghargai perjuangan pahlawan dengan berkarya untuk mengharumkan bangsa Indonesia. 

3. “Seorang pemegang titel itu hanya ‘pemegang titel sahadja’, tidak lebih dari itu” 

jika kamu tengah bangga dengan gelar titel S1 atau S2 kamu, maka kamu perlu memperhatikan kata bijak Sutan Syahrir satu ini. Tak peduli apakah dirimu memiliki titel atau tidak, kamu sama saja manusia biasa yang berjuang untuk hidup. Apa yang perlu disombongkan? Toh titel atau gelar tersebut tidak bisa membuat kamu berbeda dari manusia lainnya. Jangan pernah berlagak sombong apabila telah mencapai pendidikan yang tinggi. 

4. “Setiap orang Asia yang terpelajar, yang hidup di negeri terbelakang dan memimpikan suatu kemungkinan supaya negerinya memperoleh persamaan yang nyata dengan Barat yang kaya dan modern, pada dasarnya akan berpikir secara sosialis” 

Kata bijak Sutan Syahrir ini merupakan buah pemikiran beliau tentang rakyat Asia termasuk Indonesia. Dulu Asia masih dipenuhi dengan negara berkembang, tidak seperti negara Barat (Eropa, Amerika, Inggris dll) yang terlebih dulu menjadi negara maju. Dalam pandangannya, Sutan Syahrir menilai bahwa rakyat Asia memiliki jiwa sosialis yang tinggi. Berbeda dengan rakyat Barat yang memiliki sifat berseberangan dengan rakyat Asia. 

5. “Perjuangan kita sekarang tak lain dari perjuangan untuk mendapat kebebasan jiwa bangsa kita” 

Kata bijak Sutan Syahrir satu ini menunjukkan murninya itikad para pahlawan nasional dalam memerdekakan bangsa Indonesia. Pahlawan tidak hanya memikirkan dirinya sendiri, melainkan memikirkan nasib seluruh rakyat Indonesia. Mereka tidak pernah menginginkan untuk dikenang sejarah dan dikenal oleh banyak orang. Semua ini semata-mata untuk membebaskan bangsa dari belenggu penjajahan dan bisa tumbuh menjadi negara yang bebas dan independen. 

Demikian kumpulan kata bijak Sutan Syahrir yang mungkin bisa menambah inspirasi pembaca. Kehidupan kita jauh lebih baik dibandingkan dengan kehidupan para pahlawan sebelum kemerdekaan. Hal inilah yang kemudian membuat rakyat Indonesia kini sangat terbuai dengan kenyamanan serta kemudahan yang ada. Sebagai pemuda kita perlu bangkit dari tidur dan mewujudkan cita-cita luhur pahlawan bangsa kita demi kemajuan bangsa Indonesia.

Belum ada Komentar untuk "Kumpulan Kata Bijak Sutan Syahrir"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel