Kata-Kata Mutiara Hidup Gus Mus

Kumpulan Kata-Kata Mutiara Hidup Gus Mus -Siapa yang tidak tahu KH. Ahmad Mustafa Bisri? Atau biasa dijuluki dengan nama Gus Mus. Beliau adalah seorang ulama dan budayawan yang memiliki pengaruh yang besar di Indonesia. Banyak masyarakat yang kagum akan pribadinya yang bersahaja, santun dan arif. Beliau juga diketahui gemar menyebarkan hal-hal positif di media sosial. Untuk lebih mengenalnya, berikut ialah kata mutiara hidup gus mus yang menggerakkan jiwa, 

Kata Mutiara Hidup Gus Mus Ini Wajib Direnungkan 

1. “Cara terbaik menghukum orang yang telah melakukan kesalahan terhadap kita ialah dengan berbuat baik kepadanya” 

Dalam setiap khutbahnya Gus Mus selalu menyajikan petuah-petuah yang bisa membuat siapapun tergerak hatinya. Seperti salah satu kata mutiara hidup Gus Mus satu ini yang mengajarkan untuk tidak berbalas dendam. Terkadang manusia yang sakit hatinya akan menaruh amarah dan dendam kepada orang yang telah berbuat buruk terhadapnya. Namun hal itu justru dinilai kurang kejam oleh Gus Mus. Menurut Gus Mus, yang paling kejam dalam membalas dendam adalah dengan berbuat baik kepadanya, sehingga dia akan merasa malu telah berbuat kesalahan terhadap kita. 

2. “Kerendahanmu tidak akan terangkat dengan merendahkan orang lain” 

Orang lain memang berhak menilai dan mengkritik apa yang telah kita lakukan. Namun menurut kata mutiara hidup Gus Mus di atas, dengan merendahkan orang lain tidaklah membuat dirinya sendiri merasa lebih baik. Tidak ada gunanya untuk kita mengkritik seseorang dan merendahkannya. Lebih baik kita memperhatikan kelemahan dan kekurangan kita sendiri agar bisa lebih baik ke depannya. 

3. “Kalau ada yang menghina atau merendahkanmu janganlah terburu-buru emosi dan marah. Siapa tahu dia memang digerakkan Allah untuk mencoba kesabaran kita. Bersyukurlah bahwa bukan kita yang dijadikan cobaan” 

Banyak model ujian kehidupan yang datang dari Allah untuk hamba-hambanya. Salah satunya adalah dengan menguji kesabaran kita. Pasti kita pernah mengalami perilaku tak mengenakan dari seseorang yang merendahkan serta menghina kita bukan? Jangan pernah merasa marah dan emosi karena bisa jadi orang itu yang menjadi perantara untuk menguji kesabaranmu. Kata mutiara hidup Gus Mus di atas secara tidak langsung mengajak kita untuk berperilaku sabar dan legowo apabila ada cercaan dan hinaan datang silih berganti. 

4. “Abadikan kebaikanmu dengan melupakannya” 

Singkat namun menggetarkan, itulah kesan dari kata mutiara hidup Gus Mus satu ini. Di agama Islam diajarkan bahwa tidaklah baik untuk mengungkit-ungkit kebaikan di masa lalu. Apabila kita sering mengungkit kebaikan tersebut maka bisa jadi kita tidak melakukannya dengan ikhlas. Maka dari itu, hilangkanlah sifat riya’ dan lupakan segala amal kebaikan yang telah kita lakukan di masa lalu. Toh kebaikan kita tidak akan pernah meleset dari catatan malaikat, bukan? 

5. “Jangan pernah menyepelekan apapun yang telah kamu miliki, karena mungkin yang kamu miliki itu sangat diinginkan oleh orang lain” 

Kata mutiara hidup Gus Mus satu ini mengajak kita agar selalu mensyukuri nikmat yang telah Allah SWT berikan kepada kita. Sering sekali kita mengeluh karena tidak bisa mendapatkan apa yang diinginkan. Padahal dalam kehidupanmu Allah telah memberikan segala yang dibutuhkan seperti umur, kesehatan, kenikmatan bisa makan setiap hari dan sebagainya. Sedangkan banyak di luar sana yang masih belum bisa merasakan kehidupan yang layak seperti itu. 

Demikian beberapa kata mutiara hidup Gus Mus yang bisa menggerakan hati dan pikiran. Setiap apa yang terjadi dalam kehidupan merupakan suratan dn takdir. Namun bukan berarti kita harus terdiam dan menunggu. Kita haruslah bergerak dan menjemput takdir yang telah menunggu. Selalu hadirkan sifat positif dan selalu bersyukur kepada Allah atas nikmat yang telah diberikan.

Belum ada Komentar untuk "Kata-Kata Mutiara Hidup Gus Mus "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel