Kumpulan Kata Mutiara Moh Hatta Penuh Semangat

Kumpulan Kata Mutiara Moh Hatta Penuh Semangat Lengkap Terpopuler-Kumpulan Kata Mutiara Bung Hatta Penuh SemangatSetiap biografi pahlawan Indonesia sudah pasti dapat memberikan suntikan semangat bagi para pembacanya. Tak terkecuali kata-kata mutiara yang terlontar ataupun tertulis semasa hidupnya. Moh hatta, adalah bapak proklamator pendamping Bung Karno dan juga merupakan bapak ekonomi. Sosoknya yang wibawa, santun dan cerdas, membuat siapapun yang membaca biografinya lebih bersemangat menjalani hidup. Selengkapnya, berikut adalah kumpulan kata mutiara moh hatta yang penuh semangat, 

Kumpulan Kata Mutiara Moh Hatta Yang Bisa Buat Hidup Menjadi Lebih Bergelora 

1. “Kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar, kurang cakap dapat diperbaiki dengan pengalaman, namun tidak jujur sulit diperbaiki” 

Kebodohan bukanlah sifat keturunan yang tidak bisa diubah. Kebodohan adalah sifat yang bisa diubah dengan rajin belajar dan membaca. Begitupun dengan kecakapan, perlu waktu serta pengalaman apabila ingin cakap dalam mengerjakan sesuatu. Namun, apabila seseorang sudah melakukan kebohongan maka sulit baginya untuk menjadi orang yang jujur. Oleh karena itu, biasakan untuk selalu jujur agar anda bisa diandalkan oleh orang lain. 

2. “Aku rela dipenjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas” 

Kata orang, buku adalah jendela dunia, karena dengan membaca buku, anda bisa mengetahui apapun yang belum anda ketahui. Mulai dari perkembangan negara lain, informasi terkini, tokoh yang berpengaruh di belahan dunia lainnya dan sebagainya. Hal inilah yang kemudian membuat Moha Hatta yang gemar membaca kemudian mengutarakan “Aku rela dipenjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas”. Bebas disini mengarah kepada pemikirannya yang terus berkembang, tidak terkurung seperti dirinya ketika dipenjara. 

3. “Kematian adalah yang terakhir dalam waktu tetapi sekaligus yang awal dari kekalahan” 

Semua manusia pasti ingin hidup lebih lama, sehat dan bisa meneruskan impian-impiannya. Namun, manusia adalah makhluk yang berada dilingkupan waktu, sehingga tidak akan bisa terhindar dari kematian. Bagi Moh Hatta, kematian adalah sebuah akhir dari waktunya di dunia dan juga merupakan awal dari kekalahan. Mungkin kekalahan yang dimaksud disini adalah ketidakberdayaan kita yang tak bisa menang dari waktu. Dan kematian disini menjadi awal dari kekalahan lainnya karena kita sudah tidak bisa melakukan pembelaan terhadap diri sendiri. 

4. “Tak ada harta yang sama berharganya dengan kejujuran” 

Moh hatta adalah sosok yang menghargai kejujuran. Tak heran jika banyak kata-kata mutiara yang pernah diucapkan beliau menunjukan kebanggaannya terhadap orang yang jujur. Sifat jujur adalah sifat yang tidak bisa diajarkan ketika mereka sudah melakukan kebohongan. Ketika seseorang sudah melakukan kebohongan, maka kemungkinan besar mereka akan melakukan kebohongan lagi dikemudian hari. Membangun kejujuran kepada orang yang melakukan kebohongan sangat sulit dibandingkan dengan mencerdaskan orang yang bodoh. 

5. “Membaca tanpa merenungkan adalah bagaikan makan tanpa dicerna” 

Moh hatta merupakan pahlawan yang memiliki kegemaran membaca, beda dengan anak sekarang, hanya gemar membaca status di media sosial. Membangun kebiasaan membaca adalah hal yang perlu dilakukan oleh para generasi muda. Dengan membaca mereka bisa mendapatkan pandangan yang luas tentang nilai-nilai kehidupan. Namun, membaca bukan hanya sekedar mengingat tapi juga perlu perenungan agar bisa diaplikasikan ke kehidupan nyata. 

Demikian beberapa informasi mengenai kumpulan kata mutiara moh hatta yang bisa memacu semangatmu lebih baik lagi. Dalam menjalani kehidupan kita tidak akan pernah terhindarkan dari tanggung jawab dan resiko. Maka dari itulah, kita harus terus maju dan mengevaluasi diri sendiri agar menjadi pribadi yang lebih baik. Semoga dengan kata-kata motivasi Bapak Moh Hatta bisa membuat anda lebih terpacu dalam menjalani tantangan dalam kehidupan.

Belum ada Komentar untuk "Kumpulan Kata Mutiara Moh Hatta Penuh Semangat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel